Personel Kostrad Bantu Nelayan Bikin Penangkap Ikan Ramah Lingkungan

Personel Kostrad Bantu Nelayan Bikin Penangkap Ikan Ramah LingkunganPersonel Kostrad membantu nelayan membuat alat penangkap ikan ramah lingkungan. (Foto. Pen Satgas Yonarmed 1 Kostrad)

KEADILAN – Kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat harus memberikan dampak positif. Seperti dilakukan anggota Pos Ramil Nusalaut, Satgas Yonarmed 1 Kostrad yang membantu nelayan di Negeri Abubu, Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah, membuat alat penangkap ikan yang dikenal dengan nama Sero, Senin (20/09/2022).

Dalam keterangan tertulis Yonarmed 1 Kostrad, Sero marupakan alat untuk menangkap ikan yang ramah lingkungan. Sebagian besar tempat memasang Sero yang ada saat ini adalah warisan dari orang tua atau nenek moyang nelayan Bajo. Alat penangkap ikan ini bersifat menetap dan melakukan gerakan ke pantai atau yang berhabitat di sekitar pantai.

Dansatgas Yonarmed 1 Kostrad Letkol Arm Arief Budiman menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian Satgas dalam membantu kesulitan warga yang berada di daerah penugasan.

“Ini bentuk kepedulian kita guna membantu perekonomian warga masyarakat Negeri Abubu, Nusalaut, khususnya para nelayan” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Danpos Nusalaut Serka Nofri Destyawan. Ia menuturkan bahwa selain dapat membatu warga, kegiatan itu juga sebagai sarana komunikasi sosial dengan warga Desa Abubu. Dengan demikian kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat akan terbina dengan baik.

“Ini salah satu bagian dari tugas Teritorial juga, selain untuk pendekatan terhadap masyarakat, juga untuk membantu dan meningkatkan perekonomian warga di Desa Abubu ini,” terangnya.

Dalam kegiatan itu, Serka Nofri juga berpesan kepada para nelayan agar tetap menjaga kelestarian laut dan tidak melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya.

Atas kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat, salah seorang warga bernama Abraham Karuwal mengaku senang, karena pembuatan Sero dapat terselesaikan dengan cepat.

“Terima kasih sudah membantu kami dalam mengerjakan pembuatan Sero, saya mewakili warga Negeri Abubu sangat senang atas partisipasi anggota Pos Nusalaut. Terima kasih juga telah mengingatkan kami untuk tetap menjaga kelestarian laut,” pungkasnya.

Reporter: Penerus Bonar