Curi Ponsel di Dashboard Motor, Seorang Pengangguran Jadi Terdakwa

Curi Ponsel di Dashboard Motor, Seorang Pengangguran Jadi TerdakwaWiwit Purwanto, memberikan keterangan di depan majelis hakim PN Jakarta Utara, Kamis (22/9/2022). (Foto. Charlie Tobing/keadilan.id)

KEADILAN – Curi ponsel di dashboard sepeda motor, Dodi Setiawan akhirnya menjadi pesakitan. Pria pengangguran ini disidang sebagai terdakwa di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara.

Dalam dakwaannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Melani menjelaskan, peristiwa pencurian itu terjadi, pada 26 Juni 2022. Saat kejadian, korban Wiwit Purwito hendak membeli pulsa di sebuah konter di Kawasan Cilincing, Jakarta Utara.

“Korban meninggalkan ponselnya di dashboard motor. Kemudian terdakwa menghampiri motor korban dan mengambil ponsel korban,” ujar Melani membacakan dakwaan, Kamis (22/9/2022).

Beruntung, saat itu ada warga yang melihat dan berteriak. Terdakwa sempat ingin melarikan diri, namun akhirnya tertangkap.

Saksi korban yang yang dihadirkan ke persidangan membenarkan hal tersebut. “Waktu ketahuan itu handphone-nya dilempar. Warga kan pada ngomong ada ponsel yang dilempar, saya baru tahu kalau ternyata itu ponsel saya,” ujar Wiwit di hadapan mejelis hakim.

Ketika ditanya oleh Hakim Ketua Agung Purbantoro, terdakwa juga membenarkan keterangan tersebut.

Sidang ditutup. Dilanjutkan minggu berikutnya dengan agenda yang sama, yaitu mendengar keterangan saksi.

Sementara di luar persidangan, JPU menjelaskan bahwa sebelumnya sempat ada upaya restoratif justice untuk terdakwa. Namun ketika diperiksa polisi, ternyata ada ponsel lainnya yang juga dicuri terdakwa.

Reporter: Charlie Tobing
Editor: Penerus Bonar