Dampak Corona, Kejaksaan Lakukan Realokasi Anggaran

Dampak Corona, Kejaksaan Lakukan Realokasi Anggaran

KEADILAN – Ditengah upaya pemerintah dalam menangani wabah Covid-19, diperlukan adanya dukungan dana yang sangat besar. Hal ini berdampak pada anggaran disetiap lembaga negara, termasuk Kejaksaan RI.

Sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam rangka percepatan penanganan virus Corona Disease 2019 (Covid 19) dan Perpres No. 54 Tahun 2020 Tentang Perubahan Postur dan Rincian APBN 2020, Kejaksaan telah melakukan perubahan postur anggaran dengan melakukan pemotongan.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono menyebutkan ada delapan item kegiatan yang terkena kebijakan tersebut. Adapun kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan belanja sarana dan prasarana, kegiatan program dukungan manejemen dan pelaksnaan tugas lainnya, kegiatan program pengawasan dan peningkatan akuntabilitas aparatur Kejaksaan RI serta kegiatan program pendidikan dan pelatihan.

Selain itu, terpotong juga anggaran kegiatan program perlindungan, pengamanan dan penggalangan dalam bidang Ipoleksosbud dan Hankam serta kegiatan program penanganan tindak perkara pidana umum.

Kemudian, kegiatan program penanganan tindak perkara pidana khusus dan HAM Berat dan kegiatan program penanganan perkara perdata dan Tata Usaha Negara.

“Perubahan yang relatif besar pada kegiatan belanja sarana dan prasarana atau proyek fisik,” ujarnya.

Lebih lanjut Hari mengatakan secara keseluruhan besarnya potongan yang dilakukan pada satuan kerja kejaksaan seluruh Indonesia sebesar Rp.871 miliar.

“Dana tersebut sepenuhnya digunakan untuk kepentingan covid 19,” sambungnya

Dan dengan adanya perubahan postur anggaran tersebut, Hari memastikan kondisi yang selama ini berjalan tidak akan mengalami perubahan sama sekali.

“Tidak akan mengurangi hak-hak aparatur Kejaksaan dan tidak akan menurunkan kinerja Kejaksaan RI dalam melaksanakan tugasnya,” tegasnya.

Chairul Zein

Editor      :
Reporter :