Utusan Golongan Punya Jasa Besar Untuk Bangsa Indonesia

Utusan Golongan Punya Jasa Besar Untuk Bangsa IndonesiaProf. Dr. John Pieris, S.H., M.H., M.S (Foto. Odorikus Holang/keadilan.id)

KEADILAN – Utusan dari berbagai golongan yang memperjuangkan kemerdekaan mempunyai jasa besar untuk bangsa Indonesia. Hal yang wajar kalau utusan golongan tersebut dihidupkan dan dimasukan dalam konstitusi.

“Dari segi aspirasi dan demokratisasi, saya kira itu tidak salah,” ujar Pakar Hukum Tata Negara, Prof. Dr. John Pieris, S.H., M.H., M.S dalam diskusi bertema “Urgensi Kehadiran Utusan Golongan” di Media Center DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (16/11/2022).

Menurut John, aspirasi tersebut harus diakomodasi dan dirasionalisasikan melalui teori-teori yang cocok dari berbagai negara. “Saya kira memang banyak hal yang harus disempurnakan,” bebernya.

John menuturkan, aspirasi yang diperjuangkan tersebut sangat positif. Di satu sisi harus menghargai harkat dan martabat orang yang menyampaikan aspirasi itu.

John pun menyentil utusan golongan pada masa orde baru. Kala itu kata John, utusan golongan di lembaga negara diisi oleh istri panglima TNI dan istri para gubernur. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk mempertahankan kepemimpinan, bukan kepentingan bangsa. “Keuntungan Soeharto di situ,” tukasnya.

Reporter: Odorikus Holang
Editor: Penerus Bonar