Indonesia Telah Jalankan Amanat UUD 1945 Pada Kegiatan G20

Indonesia Telah Jalankan Amanat UUD 1945 Pada Kegiatan G20Arif Budimanta. (Foto. Istimewa)

KEADILAN – Indonesia telah menjalankan amanat pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dalam Pelaksanaan kegiatan kelompok dua puluh atau Group of Twenty (G20) di Bali pada 15-16 November 2022.

Indonesia disebut telah melaksanakan ketertiban dunia, berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

“Sebagai pelaksana G-20 dalam pidatonya bapak Presiden (Joko Widodo) secara jelas mengatakan agar perang dihentikan,” ujar Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi Arif Budimanta dalam diskusi yang bertajuk “Dampak KTT G20 dan B20 bagi Ekonomi Indonesia dan Dunia” di Press Room DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (17/11/2022).

Menurut Arif, syarat untuk membangun kegiatan ekonomi adalah perdamaian. Menciptakan suasana damai kata Arif dengan mendistribusikan keadilan sosial.

Perdamaian kata Arif diwujudkan melalui dialog. Hal tersebut terlihat dari acara G20 di ruang formal dengan jamuan makan malam dan non formalnya dengan menanam pohon secara bersama.

“Bapak Presiden menyatakan bahwa dalam mengakhiri konflik, kita harus bisa membangun suatu ruang dialog yang kontinu. Itulah yang disebut dengan soft diplomasi,” bebernya.

Reporter: Odorikus Holang
Editor: Penerus Bonar

BACA JUGA: Pelaksanaan G20 Harus Diapresiasi