8 Tips Mudah Atasi Luka Bakar Ringan

8 Tips Mudah Atasi Luka Bakar RinganIlustrasi kulit yang terkena luka bakar. (Foto. freepik.com)

KEADILAN – Beberapa kejadian tak terduga bisa saja terjadi saat menjalani aktivitas di rumah. Salah satunya ialah luka bakar pada kulit kita. Namun jangan panik, ada sejumlah tips mengatasi luka bakar yang ringan atau insiden tingkat satu.

Sebagaimana dilansir keadilan.id dari laman Healthline, berikut 8 tips dan bahan-bahan mudah yang bisa digunakan untuk mengobati luka bakar

1. Segera aliri luka bakar ringan dengan air dingin. Biarkan luka bakar tersebut berada dibawah air yang sedang mengalir. Durasi waktu bisa dilakukan kurang lebih 30 menit. Jika terasa lebih baik, bersihkan area yang terbakar dengan sabun berbahan lembut dan air mengalir.

2. Kompres dingin atau gunakan kain basah bersih yang diletakkan di atas area luka bakar. Tindakan ini mampu meredakan nyeri dan bengkak. Lakukan selama 15 menit. Namun perlu diingat, jagan gunakan kompres dingin tersebut dengan berlebihan karena bisa menimbulkan iritasi pada luka bakar tersebut.

3. Kurangi paparan sinar matahari. Hindari luka bakar terkena sinar matahari langsung. Kulit yang terbakar akan sangat sensitif terhadap sinar matahari. Tutupi luka bakar tersebut dengan pakaianmu.

4. Jika kulit melendung, jangan sekali kali dipecahkan. Hal itu akan menimbulkan lepuhan dan infeksi pada kulitmu.

5. Gunakan lidah buaya. Karena beberapa penelitian menunjukkan bukti bahwa lidah buaya efektif dalam penyembuhan luka bakar derajat satu hingga dua. Lidah buaya bersifat anti-inflamasi, meningkatkan sirkulasi, dan menghambat pertumbuhan bakteri. Oleskan selapis gel lidah buaya murni yang diambil dari daun tanaman lidah buaya langsung ke area yang terkena. Kalau membeli lidah buaya di toko, pastikan kandungan lidah buaya di dalamnya tinggi. Jangan gunakan produk yang mengandung zat aditif, terutama pewarna dan pewangi.

6. Oleskan madu. Karena madu memiliki zat anti-inflamasi dan antibakteri serta antijamur alami yang bisa mengatasi luka bakar.

7. Gunakan salep antibiotik. Salep dan krim antibiotik bisa membantu mencegah infeksi. Oleskan salep antibakteri seperti Bacitracin atau Neosporin pada luka bakar dan tutupi dengan cling film atau kain yang steril dan tidak berbulu.

8. Jika merasa nyeri, minumlah obat pereda nyeri yang dijual di toko obat. Seperti ibuprofen (Motrin, Advil) atau naproxen (Aleve). Pastikan membaca label untuk dosis yang benar.

Reporter : Lili Handayani
Editor : Syamsul Mahmuddin