MAKI Minta KPK Cekal Hakim Agung Gazalba Saleh

MAKI Minta KPK Cekal Hakim Agung Gazalba Saleh

KEADILAN – Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) meminta ketegasan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menangani kasus dugaan suap penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA) dengan tersangka hakim agung Gazalba Saleh. KPK sudah seharusnya mengajukan pencegahan ke luar negeri atas nama yang bersangkutan.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman menyebutkan bisa saja Gazalba Saleh bepergian ke luar negeri dan tak kembali ke Indonesia. “(Pencegahan ke luar negeri) itu hanya pilihan, namun untuk personil tinggi seperti Hakim Agung mestinya dilakukan cekal dikarenakan adanya kemampuan bepergian ke luar negeri,” ujarnya, Senin (21/11).

Kasus Suap, KPK Buka Peluang Periksa Hakim Agung Lainnya

Kendati tak dicekal KPK, Boyamin menilai sejatinya Gazalba Saleh yang memahami etika hukum tak akan pergi ke luar negeri karena statusnya sebagai tersangka. Termasuk juga tak menerima dinas ke luar negeri. “Tidak boleh secara etik (dinas ke luar negeri),” pungkasnya.

Seperti diketahui, KPK telah menjerat Gazalba Saleh sebagai tersangka. Penetapan tersangka tersebut merupakan pengembangan dari kasus dugaan suap yang menjerat Hakim Agung Sudrajad Dimyati.

Plt juru bicara KPK Ali Fikri menyebutkan objek perkara tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh ini berbeda dengan kasus Sudrajad Dimyati. Sudrajad sudah ditetapkan tersangka terlebih dahulu dalam perbuatan suap pengaturan perkara.

Reporter : Chairul Zein
Editor : Syamsul Mahmuddin