Kasus Ginjal Akut, Bareskrim Akan Periksa Pejabat BPOM Hari Ini

Kasus Ginjal Akut, Bareskrim Akan Periksa Pejabat BPOM Hari IniLogo BPOM (Foto. Ist)

KEADILAN – Bareskrim Polri akan memeriksa sejumlah pejabat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI di bidang pengawasan obat atas kasus gagal ginjal akut hari ini, Rabu (23/11/2022).

Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Pipit Rismanto membenarkan panggilan terhadap pejabat BPOM tersebut.

“Ya kita tunggu saja,” ujar Brigjen Pipit, kepada keadilan.id, saat dimintai kebenaran pemanggilan tersebut, Rabu (23/11/2022).

Namun, Brigjen Pipit belum bisa menerangkan siapa saja pejabat yang akan hadir, berapa banyak jumlahnya, serta materi apa yang disampaikan nanti. “Biar kan penyidik bekerja dulu ya,” ungkapnya.

Namun, ia memastikan jika pemanggilan tersebut dilakukan kepada lebih dari 1 orang pejabat BPOM. “Nanti tergantung mereka mau berapa orang, nanti kadang kita panggil satu mereka bawa dua, kan siapa tau bisa menjelaskan, kita kan gak tau juga yang jelas kita memanggil bidang-bidang tertentu lah,” ungkapnya.

Ia menjelaskan jika pejabat yang dipanggil merupakan pejabat yang berwenang dibidangnya. Seperti direktur yang mengawasi izin obat tersebut.

“Ya pejabat yang membidangi lah, misalnya bidang pengawasan ya pasti di situ siapa direktur yg mengawasi kan kita minta penjelasannya gitu. Jangan melebar dulu, ini kan masalahnya materinya kan sebagian besar materi penegakan hukum, jadi materi penegakan hukum nggak boleh salah juga ya kan, salah persepsi nanti orang,” ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan, BPOM belum memberi penjelasan terkait pemanggilan tersebut.

Reporter : Lili Handayani
Editor : Syamsul Mahmuddin