Soliditas Antara TNI dan Pertahanan Keamanan Negara Lain Disebut Kunci Kesuksesan NKRI

Soliditas Antara TNI dan Pertahanan Keamanan Negara Lain Disebut Kunci Kesuksesan NKRILaksamana Yudo Margono (kedua dari kiri). (Foto. Daniel/keadilan.id)

KEADILAN – Soliditas dan sinergitas antara TNI dan pertahanan keamanan negara lainnya disebut kunci keberhasilan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke depan.

“Saya menyadari bahwa distribusi global yang sangat dinamis dengan perubahan ancaman yang sangat semakin kompleks sulit diprediksi serta bersifat multi dimensi,” ujar Laksamana Yudo Margono saat memaparkan visi dan misinya di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2022).

Menurut Yudo, soliditas dan sinergitas tersebut dibagi dalam tiga perisai. Pertama kata Yudo, keterpaduan komponen utama, cadangan dan komponen pendukung dalam perisai pertahanan negara.

Kedua kata Yudo, sinergitas TNI-Polri dalam perisai Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Ketiga kata Yudo, sinergitas TNI dengan Kementerian dan Lembaga dalam perisai multi dimensi.

Sementara dalam membangun kekuatan TNI kata Yudo, elemen penting yang harus dipenuhi adalah Sumber Daya Manusia (SDM).

“Sumber daya manusia merupakan elemen kunci dari keberhasilan tugas TNI yang ditentukan oleh peran dan tingkat profesionalisme,” tegasnya.

“Oleh karena itu harus dibangun mental dan fisik agar memiliki kekuatan yang tangguh dalam setiap diri prajurit yaitu jiwa patriotisme. Kembali lagi kami tekankan yang pertama elemen adalah sumber daya manusia,” tambahnya.

Kemudian kata Yudo soal Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista). Hal ini merupakan kunci keberhasilan dalam setiap penugasan TNI.

“Harus dapat menjawab kebutuhan tiap matra dalam rangka melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai alat pertahanan negara,” katanya.

Selanjutnya kata Yudo organisasi kematraan harus disusun dan diatur mengikuti perkembangan dan kebutuhan angkatan sehingga setiap lini terkecil dari tiap-tiap matra dapat diawaki secara maksimal.

“Hal ini penting untuk menjawab tantangan tugas ke depan yang terus berkembang dan selalu dinamis. Jika ketiga elemen pembangunan kekuatan ini dapat dipadukan secara selaras, maka alhasil kekuatan TNI akan memiliki daya gerak dan daya gempur yang handal,” tukasnya.

Reporter: Odorikus Holang
Editor: Penerus Bonar

BACA JUGA: Laksamana Yudo Margono Jamin Tak Ada Lagi Prajurit Arogan Jika Terpilih Jadi Panglima TNI