Para Kades Demo di DPR, Tuntut Masa Jabatan 9 Tahun

Para Kades Demo di DPR, Tuntut Masa Jabatan 9 TahunSuasana aksi para Kepala Desa di depan Gedung DPR RI (Foto. Odorikus Holang/keadilan.id)

KEADILAN – Para demonstran yang tergabung dalam kumpulan kepala desa dan perangkat desa seluruh Indonesia menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (17/1/2023).

Pantauan keadilan.id di lokasi, massa aksi berada di depan gedung DPR. Para demonstran tersebut menuntut perpanjangan masa jabatan kepala desa yang sebelumnya enam tahun menjadi sembilan tahun.

Tuntutan utama mereka adalah meminta DPR merevisi masa jabatan yang diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. “Masa jabatan 9 tahun harga mati,” tegas orator aksi.

“Aksi yang kami sampai bukan secara emosional untuk kepentingan personal, aksi yang kami sampaikan untuk kepentingan nasional,” tambahnya.

Orator juga menegaskan, pihaknya akan memboikot partai politik pada pemilu 2024 mendatang yang tidak mendukung tuntutan untuk merevisi UU Desa tersebut. “Boikot partai yang tidak mendukung,” tegasnya.

Berapa perwakilan para demonstran tersebut pun telah menemui pimpinan DPR RI. Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.

Akibat aksi ini, jalan di depan gerbang utama DPR ditutup sementara. Arus lalu lintas pun macet total di jalan Gatot Subroto.

Reporter: Odorikus Holang
Editor: Penerus Bonar