Penumpang di Bandara Soetta Membludak, Ini Kata DPR.

Penumpang di Bandara Soetta Membludak, Ini Kata DPR.

KEADILAN- Pemerintah memberi pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun memberi izin penerbangan kepada semua maskapai.

Akibat kelongggaran tersebut, bandara Seokarno Hatta mengalami pembludakan penumpang. Apalagi saat ini kasus yang positif corona virus alias Covid-19 terus meningkat.

Terkait hal ini, Sekretaris Fraksi PPP DPR RI, Achmad Baidowi menilai membludaknya penumpang tersebut akibat ketidaksiapan angkasa pura dalam mengantisipasi lonjakan penumpang pasca perizinan.

“Hal ini bisa jadi dipicu oleh lemahnya koordinasi antara maskapai, pihak bandara dan tim kesehatan. Terlebih protokol kesehatan diabaikan,” ujar Achmad kepada wartawan melalui keterangannya, Jumat (15/5/2020).

Menurut Achmad, pihaknya dari Komisi IV DPR RI pun sudah mengingatkan Angkasa Pura I dan II untuk mengantisi hal tersebut. Demikian juga terhadap transportasi ASDP, DAMRI, PPD dan PT KAI.

“Banyaknya warga yang mengantongi surat tugas patut ditelusuri jangan sampai hanya kamuflase sebagai siasat untuk mudik,” tegasnya.

Apalagi kata Achmad, beredarnya jual beli surat sehat dari pihak tertentu, membuktikan bahwa ada oknum yang berusaha mengambil keuntungan di balik persoalan ini.

“Membludaknya jumlah orang yang melakukan perjalanan berpotensi menjadi pemicu penyebaran covid-19. Karena itu, kontrol kesehatan harus benar-benar dilakukan secara ketat tidak sekadar memenuhi syarat formalitas saja,” tukasnya.

Odorikus Holang

Editor      :
Reporter :