Pengunjung Kebun Binatang Medan Berkurang, Ini Alasannya

Pengunjung Kebun Binatang Medan Berkurang, Ini Alasannya
Kebun Binatang Medan

KEADILAN- Berkurangnya minat masyarakat mengunjungi Kebun Binatang Medan (Medan Zoo) diyakini karena perhatian dan perawatan kandang serta kelestarian hewan tidak dijaga dengan baik.

β€œSudah dua bulan setelah dibuka, pengunjung masih sepi. Lebih baik itu kebun binatang dikelola oleh pihak swasta saja,” kata Irma salah satu pedagang yang sudah sekitar lima tahun berjualan areal kebun binatang tersebut.

Sementara itu dari pengamatan Keadilan.id, kondisi kebun binatang Medan itu kini butuh perawatan dan perbaikan. Beberapa atap kandang nyaris lepas, lantainya rusak, bahkan jerjak pembatas hewan banyak berkarat dan sudah tidak layak huni.

Bahkan beberapa kandang juga terlihat sudah kosong dan ditumbuhi semak belukar, areal juga tampak ditumbuhi rerumputan dan banyak sampah dedaunan berserakan. Hewan-hewan juga terlihat kurang bergairah dan lebih memilih diam dan tertidur.

Tidak itu saja, infrastruktur jalan di depan Kebun Binatang Medan yang terletak di Kelurahan Simalingkar B, Medan Tuntungan ini juga tampak rusak dan sangat berbahaya untuk dilintasi.

Sementara itu, Rinaldi salah satu petugas Medan Zoo membenarkan setelah dibuka selama dua bulan lalu, pengunjung masih sangat minim. Ia berharap ada pihak yang bisa membantu Medan Zoo dalam hal pengelolaan untuk menaikkan minat warga untuk berkunjung ke areal Medan Zoo.

Terkait banyaknya sampah dan kurangnya perawatan di kawasan Medan Zoo, Rinaldi menyebutkan, pengelola memang sedang merumahkan pegawai kebersihan dan hanya mempekerjakan beberapa orang saja petugas kebersihan. Namun, jika kondisi sudah normal akan kembali dipekerjakan untuk tetap menjaga kebersihan Medan Zoo.

Franzul M Sianturi

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •