Notice: Undefined index: HTTP_ACCEPT_LANGUAGE in /home/u5395795/public_html/wp-content/plugins/allpost-contactform/allpost-contactform-language.php on line 17
KEADILAN — Disembunyikan Di Tangki Minyak, Sabu-sabu 28 Kg Gagal Beredar
Keadilan

KEADILAN – Sebanyak 28 kg sabu-sabu gagal beredar setelah penyelundupannya digagalkan petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara dan menangkap dua orang tersangka.

Penyelundupan dilakukan dengan menyembunyikan sabu-sabu di tangki minyak dan kotak penyimpanan onderdil kunci truk Mitsubishi Canter BM 8108 SD. Rencananya sabu akan dibawa dari Aceh untuk diedarkan ke Ibukota Jakarta. Pengungkapan ini dilakukan jalan lintas Medan-Aceh Kelurahan Jati Makmur Kecamatan Binjai Utara, Minggu (16/2) lalu.

Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Atrial menjelaskan, 28 bungkus sabu diamankan dari 2 orang tersangka. Keduanya merupakan warga asal Aceh, Abadi Samad (45) selaku pengemudi supir truk Mitsubishi Canter BM 8108 SD dan Marzuki Ahmad (49) adalah koordinator transporter. “Truk tanpa muatan itu sudah dimodifikasi untuk membawa narkoba dari Aceh-Medan-Pekanbaru hingga ke Jakarta, tujuan ke Jakarta,” ucap dalam paparannya di Kantor BNN Sumut Jalan Medan Estate, Selasa (25/2/2020).

Ia menjelaskan, bagian truk telah dimodifikasi yakni di bagian tangki bensin dan kotak kunci perkakas untuk menempatkan ke 28 bungkus plastik. Modifikasi dilakukan untuk mengelabui petugas yang melakukan penggeledahan. “Pemeriksaan awal (di Jalan Lintas Medan-Aceh) belum ditemukan barang bukti, sehingga truk itu dibawa ke kantor BNNP Sumut,” tuturnya.

Atrial mengatakan pihaknya mengerahkan anjing pelacak K-9 untuk mengendus barang bukti tersebut. Petugas yang dibantu anjing pelacak mendapati 14 bungkus sabu disimpan di tangki bensin dan 14 bungkus lagi di kotak perkakas truk. “Kita juga X Ray truk tersebut untuk mencari barang bukti lain yang mungkin saja disimpan di ban, tapi tidak ditemukan,” jelas Atrial.

Dia mengatakan pihaknya masih melakukan pengembangan terkait kasus ini, satu tersangka berinisial R, warga Aceh, disebut sebagai pengendali masih dalam perburuan pihaknya.
Haris Iskandar

Tagged: ,