Oknum Polrestabes Medan Divonis Dua Kali Terkait Narkoba

Oknum Polrestabes Medan Divonis Dua Kali Terkait Narkoba
Sidang perkara narkotika jenis sabu secara teleconference yang melibatkan seorang oknum polisi yang bertugas di Polrestabes Medan.

KEADILAN – Belum lama divonis 8 tahun enam bulan penjara karena mengantar sabu ke ruang tahanan polisi (RTP), kini oknum Polisi Polrestabes Medan, Briptu Ade Saputra Ginting kembali menjalani vonis. Ia divonis kembali terkait kepemilikan sabu beserta alat hisapnya yang ditemukan di rumahnya.

“Menjatuhkan pidana, terhadap terdakwa Ade Saputra Ginting dengan pidana penjara selama 5 tahun, dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan, denda Rp 800 juta, apabila tidak dibayar diganti 6 bulan kurungan,” tegas Hakim Dahlia Panjaitan dalam sidang secara teleconference di Ruang Cakra 6 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (10/2/2021) siang.

Menurut hakim, adapun yang memberatkan perbuatan terdakwa karena tidak mendukung program pemerintah memberantas narkotika, serta terdakwa sudah pernah dihukum. Atas vonis tersebut, tanpa pikir panjang terdakwa menyatakan terima.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Anwar Ketaren yang menuntut terdakwa dengan pidana 7 tahun penjara, denda Rp 800 juta subsider 6 bulan kurungan.

Sebelumnya dalam dakwaan JPU menjelaskan, bahwa perkara Ade, bermula pada Selasa 9 Juni 2020 lalu, saat terdakwa diamankan oleh petugas piket RTP Polrestabes Medan.

Pada saat itu terdakwa tertangkap tangan ketika sedang memasukkan 2 paket sabu-sabu seberat kurang lebih 9,42 gram, yang dikemas ke dalam makanan, yang akan diserahkannya kepada Boy Zulkarnaen, tahanan di RTP Polrestabes Medan (dilakukan penuntutan terpisah bersama-sama dengan terdakwa).

“Bahwa selanjutnya dilakukan pemeriksaan mendalam terhadap terdakwa dan ketika dilakukan pemeriksaan urine diduga mengandung Psikotropika, selanjutnya pada Kamis, 11 Juni 2020 sekitar pukul 12.30 WIB, saksi Redi Yudha dan saksi Victory Sinulingga (petugas kepolisian) bersama-sama dengan tim melakukan penggeledahan di rumah terdakwa di Jalan Medan Binjai KM 15 Diski Desa Sei Semayang Kecamatan Sunggal,” urai JPU.

Selanjutnya kata JPU, dalam rumah terdakwa tepatnya di lemari kamarnya, ditemukan barang bukti berupa 1 buah bong dari botol aqua, 2 buah pipa kaca yang berisikan sisa sabu berat kotor sekitar 2,32 gram, 1 buah plastik klip kosong, 1 buah kotak rokok dan 3 buah mancis.

“Perbuatan terdakwa memenuhi rumusan dan diancam pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 112 ayat (1) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika atau Pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” pungkas JPU.

Marulitua Tarigan

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •