Notice: Undefined index: HTTP_ACCEPT_LANGUAGE in /home/u5395795/public_html/wp-content/plugins/allpost-contactform/allpost-contactform-language.php on line 17
KEADILAN — Ini Alasan Samindo Setara Institute Polisikan Aisha Weddings
Keadilan

KEADILAN- Penggiat Sahabat Milenial Indonesia (SAMINDO)-SETARA Institute, Disna Riantina melaporkan jasa Aisha Weddings ke Polda Metro Jaya.

Menurut Disna, pihaknya melaporkan Aisha Wedding’s supaya mendapat efek jera. Sebab jasa tersebut menganjurkan anak menikah dibawah umur yang dilarang Undang-Undang (UU).

“Harapannya orang ini akan mendapat efek jera. Jadi tidak sembarang orang dapat melanggar hukum seperti ini. Artinya ketika dia membuat ini dalam keadaan sadar, tentunya,” ujar Disna kepada Keadilan.

Laporan tersebut juga kata Disna untuk menjawab kecemasan masyarakat. Sebab menikah yang dianjurkan tersebut melanggar Undang-Undang Perkawinan dan Perlindungan anak.

Namun Disna tidak mengharapkan kasus tersebut sampai ke tingkat penyidikan dengan menetapkan terlapor sebagai tersangka. Sebab hukum pidana menganut asas ultimum remedium. Dalam hal ini, proses pemidanaan dijadikan upaya terakhir apabila telah meminta maaf kepada publik.

“Tapi kita tidak mengarah sampai efek pemidanaan. Kalau kemudian mungkin saja terjadi, mereka meminta maaf terus publik memaafkan. Artinya mereka menyadari kesalahan sudah cukup,” katanya.

Disna pun meminta kepada Aisha Weddings mempertanggujawabkan perbuatannya. Sebab kata Disna, mereka telah membuat kegaduhan di tengah masyarakat.

“Kita serahkan kepada masyarakat luas. Apakah kegaduhan ini bisa diselesaikan dengan permohonan maaf atau tidak,” tukasnya.

Odorikus Holang

Tagged: , ,