Notice: Undefined index: HTTP_ACCEPT_LANGUAGE in /home/u5395795/public_html/wp-content/plugins/allpost-contactform/allpost-contactform-language.php on line 17
KEADILAN — Ke Kapolda, Wagub Andika Pastikan Jawara Dukung "Pendekar Banten"
Keadilan

KEADILAN– Wakil Gubernur Andika Hazrumy yang juga Ketua DPP Persatuan Pendekar Persilatan dan Seni Budaya Banten Indonesia (PPPSBBI) memberikan kepastian para jawara persilatan di Provinsi Banten akan mendukung program Polda Banten dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Menurut Andika, Pemerintah Provinsi Banten mengapreasiasi visi dan program kerja Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto.

“Saat ini Bapak Kapolda memiliki program dengan slogan Pendekar Banten yang senantiasa dapat diimplementasikan pada segenap personil Polda Banten yang mengayomi dan dekat dengan masyarakat,” kata Andika dalam sambutannya pada acara kunjungan Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto ke Padepokan Debus Surosowan di Kota Serang, Senin (22/2).

Turut menyambut Kapolda, Ketua Padepokan Debus Surosowan Tb Suminta dan Walikota Serang Syafrudin. Kapolda sendiri didampingi Wakil Kapolda Banten Brigjen Pol Ery Nursatari.

Diterangkan Andika, jika melihat ke dalam konteks sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, keberadaan pendekar atau jawara berhubungan erat dengan kekuatan dan keberanian pejuang untuk melawan kekuasaan kolonial dan berlanjut sampai perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Pada era perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI, ulama dan pendekar atau jawara mampu berkonsolidasi. Karena keinginan untuk mengusir penjajah merupakan hal yang begitu mendasar dalam pemikiran para ulama dan jawara sebagaimana mayoritas masyarakat Banten.

Untuk itu, kata dia, seluruh elemen masyarakat khususnya pelaku seni budaya dan Silat Banten agar bersatu meningkatkan partisipasi dalam pembangunan Banten ke depan. Sebagaimana visi yang telah dicanangkan yaitu mewujudkan masyarakat Banten yang maju, mandiri, berdaya saing, sejahtera dan berakhlakul karimah.

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho sendiri dalam sambutannya mengatakan bahwa semangat pendekar Banten harus tertanam dalam setiap personel Polda Banten dan unit kerjanya di Tanah Jawara. “Sosok Pendekar Banten ini, harus ada di semua personel Polda Banten dan Polres jajaran,” katanya.

Implementasinya, lanjut Rudy, bahwa seluruh personel di Polda Banten dan unit kerjanya harus menjadi polisi yang mempunyai empati, mengayomi, dan dekat dengan masyarakat Banten. Rudy memakai jargon Pendekar Banten untuk menamkan sikap dan tekad tersebut.

 

Odie Krisno
Tagged: , ,