KPK Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Bupati Cantik

KPK Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Bupati CantikEks Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip. Foto: ANTARA

KEADILAN- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap menghadapi gugatan praperadilan yang diajukan mantan Bupati Kepulauan Talaud, Sri Wahyumi Maria Manalip.

Plt juru bicara KPK Ali Fikri mengatakan, setiap proses yang dilakukan KPK sudah sesuai mekanisme.

“KPK tentu siap hadapi permohonan praperadilan dimaksud,” kata Ali di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/5/2021).
Ali menegaskan, penyidikan yang dilakukan KPK sudah sesuai dengan proses hukum yang berjalan di KPK.

“Kami yakin bahwa seluruh proses penyidikan, penangkapan maupun penahanan yang kami lakukan terhadap yang bersangkutan telah sesuai mekanisme aturan hukum yang berlaku,” sambung Ali.

Ali menjelaskan, sejauh ini pihaknya belum menerima pemberitahuan tentang gugatan praperadilan yang dimaksud. Nantinya, jika informasi tersebut sudah diterima akan diteruskan ke Biro Hukum KPK untuk ditindaklanjuti.

“KPK melalui Biro Hukum setelah menerima pemberitahuan akan segera susun jawaban dan akan menyampaikannya di depan sidang permohonan praperadilan dimaksud,” terangnya.

Diketahui, Sri Wahyumi mengajukan gugatan praperadilan atas langkah KPK yang kembali menetapkannya sebagai tersangka dan menahannya atas kasus dugaan penerimaan gratifikasi terkait proyek pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Tahun Anggaran 2014-2017.

Dikutip dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Kamis (6/5/2021).

Sri Wahyumi mengajukan gugatan pada KPK. Dalam gugatan tersebut, Sri Wahyumi menilai penangkapan dan penahanan yang dilakukan KPK atas dirinya tidak sah dan tidak sesuai dengan aturan hukum. Untuk itu, Sri Wahyumi meminta agar dibebaskan dari Rutan KPK.

AINUL GHURRI

Editor      :
Reporter :