Ketua MPR Dorong Rumah Sakit Penanganan Covid-19 Harus Sesuai SOP

Ketua MPR Dorong Rumah Sakit Penanganan Covid-19 Harus Sesuai SOP

KEADILANKetua MPR RI, Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Kesehatan untuk segera mengirimkan kelengkapan peralatan yang dibutuhkan Rumah Sakit (RS) di daerah untuk penanganan terhadap pasien yang terjangkit virus corona (Covid-19).

Hal tersebut diutarakan Bambang mengingat masih kurangnya kelengkapan dan jumlah peralatan medis untuk menangani pasien yang terjangkit virus corona di sejumlah Rumah Sakit (RS) di berbagai daerah.

“Terutama kelengkapan untuk membuat ruang isolasi, serta memastikan tenaga medis yang memadai dan mencukupi untuk menangani pasien terjangkit virus tersebut,” ujar Bambang kepada wartawan di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Bambang juga mendorong Kementerian Kesehatan untuk membuat standar kesehatan RS yang sama, seperti standar perlindungan diri dan kelengkapan peralatan yang layak guna

“Sehingga kualitas RS di seluruh Indonesia merata, dan masyarakat dapat dengan mudah melakukan pengobatan tanpa perlu terlebih dahulu dirujuk ke RS yang lebih jauh,” katanya.

Selanjutnya Bambang mendorong Pemerintah untuk dapat mencari tambahan alat pelindung diri untuk RS yang masih kekurangan atau belum memiliki, mengingat alat tersebut saat ini diperlukan sebagai salah satu kelengkapan penanganan terhadap pasien dengan virus corona.

“Setiap RS harus memberlakukan Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai standar yang berlaku ika terpantau ada pasien yang terindikasi terjangkit virus corona,” tegasnya.

Selain itu Bambang mendorong seluruh Pemerintah Daerah (Pemda), perangkat desa, RS, maupun Puskesmas di seluruh Indonesia untuk terus melakukan sosialisasi tentang cara pencegahan penyebaran COVID-19 kepada masyarakat.

“Serta memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai gejala, penanganan, dan pencegahan yang benar, agar tidak mudah terpengaruh oleh informasi yang belum dapat diketahui secara pasti kebenarannya,” tukasnya.

 

Odorikus Holang
Editor      :
Reporter :