Herman Hery Harap Presiden Jokowi Segera Kirim Nama Calon Kapolri

Herman Hery Harap Presiden Jokowi Segera Kirim Nama Calon Kapolri

KEADILAN- Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera mengirim nama calon Kapolri pengganti Idham Azis ke pimpinan DPR RI.

“Kami berharap kalau bisa dalam minggu ini surat masuk. Kemudian dibawa ke Badan Musyawarah (Bamus),” ujar Herman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (12/01/2020).

Apabila Jokowi menyerahkan nama calon tersebut dalam minggu ini, Herman memastikan pihaknya akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) pada Senin (18/01/2020) mendatang.

“Kalau bisa Senin atau Selasa sudah bisa fit and proper test. Itu konsep kami karena masa sidang kami pendek sekali hanya 29 hari. Jadi kami mencoba menyesuaikan semua acara,” katanya.

Namun Herman enggan menyebut sosok ideal Kapolri yang memimpin Tribrata satu itu ke depan. “Soal siapa, kami tidak tahu dan itu bukan urusan DPR. Itu urusan Presiden,” katanya.

Herman yakin semua Pejabat Tinggi Polri saat ini yang berpangkat Jenderal bintang tiga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

“Semua kami kenal karena saya sudah 16 tahun di komisi III. Menurut saya yang diajukan itu punya kelebihan. Tentunya ke depan yang kita harapkan sosok yang bisa menyatukan Polri dan menyatukan internal polri. Tentu senior dan junior bisa disatukan,” tegasnya.

Odorikus Holang

Share