Presiden Jokowi Belum Kirim Nama Calon Kapolri ke DPR

Presiden Jokowi Belum Kirim Nama Calon Kapolri ke DPR

KEADILAN- Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengirim nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis ke pimpinan DPR RI.

“Kita tunggu saja, begitu datang langsung kita proses sesuai dengan mekanisme yang ada,” ujar Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (12/1/2021).

Dasco pun tak mau berspekulasi mengenai sosok calon tribrata satu tersebut. “Ya kalau di medsos memang beredar nama-nama yang diusulkan tapi untuk pastinya nanti kita sama-sama saja tunggu surat dari Presiden supaya pasti. Karena kalau kita berandai-andai hanya Presiden Jokowi yang tahu,” katanya.

Dasco menegaskan, pihaknya pun tidak mendesak Presiden Jokowi untuk segera mengirimkan nama calon Kapolri tersebut. Sebab Presiden kata Dasco tahu batas waktu pengiriman nama itu.

“Ya kita tak perlu mendesak-desak Presiden karena Presiden tentunya tahu mana urgency dan batas waktu kapan suratnya harus dikirim ke DPR.
Sampai hari ini memang belum ada Surpresnya dan kita tunggu saja menurut saya,” tutur legislator asal Dapil Banten 3 ini.

Lebih jauh, Dasco pun mengungkapkan, dirinya tidak memiliki nama yang ideal untuk dijadikan calon Kapolri mendatang.

“Kami tidak dapat menyampaikan calon ideal karena penilaiannya kan banyak unsur dan Kompolnas sudah merekomendasikan beberapa nama. Tentunya Presiden punya pertimbangan sendiri dan DPR akan memproses nama yang akan diusulkan Presiden siapapun itu,” pungkasnya.

Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry juga memastikan Presiden Jokowi belum mengirim surat ke pimpinan yang ditebus ke Komisi III soal nama calon Kapolri tersebut. “Belum (kirim nama calonnya-red,” ujar Herman singkat.

Odorikus Holang

Share