Presiden Jokowi Kirim Nama Kabareskrim, Komisi III DPR Undang PPATK

Presiden Jokowi Kirim Nama Kabareskrim, Komisi III DPR Undang PPATK

KEADILAN- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirim nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis ke DPR RI pada Rabu (13/01/2020). Jokowi hanya mengirim satu nama yaitu Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery mengatakan, pihaknya mengundang Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) untuk Rapat Gelar Pendapat Umum (RDPU) pada Kamis (14/01/2020) besok.

RDP tersebut kata Herman guna menindaklanjuti ihwal penunjukan Sigit sebagai calon tunggal Kapolri yang suratnya telah diterima oleh pimpinan DPR.

“Besok, kami akan mengundang RDPU PPATK dan Kompolnas. Tujuan RDPU tersebut adalah untuk meminta masukan dari masyarakat. RDP besok kita akan mulai jam 11.00 WIB,” ujar Herman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu siang.

Lanjut Herman, pihaknya akan mengundang Sigit untuk mempersentasikan makalah dihadapan Komisi III pada Senin (18/01/2020).

“Kemudian jadwal berikutnya hari Senin. Calon diundang ke sini untuk membuat makalah. Satu sampai 2 jam persentase makalah itu,” katanya.

Kemudian kata Herman, pihaknya akan menggelar uji kepatuhan dan kelayakan (fit and proper test) pada Selasa (19/01/2020).

“Fit and proper test akan dimulai jam 10 pagi dengan pola 2×2,5 jam. Jadi 10 dimulai sampai jam 12 lalu break. Jam 2 dimulai lagi sampai jam 16.30 Wib,” katanya.

“Kita harapkan dihari Selasa itu, sore harinya Komisi III rapat untuk membuat keputusan menolak atau menerima calon yang diajukan oleh Presiden,” tukasnya.

Odorikus Holang

Share