Richard Eliezer Dituntut 12 Tahun Penjara

Richard Eliezer Dituntut 12 Tahun PenjaraTerdakwa Eliezer berdiskusi dengan kuasa hukumnya di PN Jakarta Sealatan, Rabu (18/1/2023). foto. Daniel Sinaulan/keadilan.id

KEADILAN – Terdakwa Richard Eliezer dituntut 12 tahun penjara dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (18/1/2023). Tuntutan tersebut lebih berat dari tiga terdakwa lainnya, yaitu Putri Chandrawathi, Kuat Maruf dan Ricky Rizal yang sebelumnya dituntut delapan tahun.

Putri Dituntut 8 Tahun, Pengunjung Sidang Protes

Jaksa penuntut umum (JPU) mengatakan, Eliezer terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana merampas nyawa Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) secara bersama-sama sebagaimana diatur dalam Pasal 340 KUHP jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu dengan penjara selama 12 tahun dengan perintah agar terdakwa tetap ditahan,” ujar JPU dalam persidangan.

Menurut JPU, hal yang memberatkan tuntutan mereka ialah, terdakwa merupakan eksekutor yang menyebabkan hilangnya nyawa korban. Sehingga perbuatan terdakwa menimbulkan luka mendalam bagi keluarga korban, dan menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

Sedangkan, hal-hal yang meringankan tuntutan ialah terdakwa bekerja sama untuk membongkar kasus ini, belum pernah dihukum, berlaku sopan dan kooperatif di persidangan.

Selain itu, terdakwa menyesali perbuatannya, dan perbuatan tersebut juga telah dimaafkan oleh keluarga korban.

Dituntut Seumur Hidup, Semua Pihak Diminta Hormati Proses Hukum Ferdy Sambo

Sementara kuasa hukum Eliezer, Ronny Talapessy mengatakan, ia menghargai tuntutan JPU. Namun menurut dia, kliennya tidak mempunyai niat jahat (mensrea).

Kemudian, kata Ronny, jaksa tidak memperhatikan status Eliezer sebagai justice collaborator.

“Dalam hal ini, ketika Richard Eliezer sudah berani jujur. Kemudian tuntutannya harus tinggi diantara terdakwa lainnya yang menjadi otak dari perencanaan pembunuhan ini, biar lah publik yang menilai,” ungkapnya.

Sebelumnya diketahui, dalam perkara ini Richard Eliezer dan terdakwa lainnya, yaitu Bharada Richard Eliezer, Kuat Maruf dan Ricky Rizal didakwa melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Putri, Kuat dan Ricky dituntut delapan tahun penjara oleh JPU. Sedangkan Ferdy Sambo dituntut seumur hidup.

Reporter: Charlie Tobing
Editor: Darman Tanjung